Jenis Semen Portland di Indonesia Beserta Fungsinya

Semen yang kita kenal sebenarnya mempunyai beberapa jenis dan sebenarnya pada setiap jenis semen memiliki fungsi berbeda atau masing-masing, seperti di bawah ini yang akan kita bahas adalah beberapa jenis semen dan fungsinya yang perlu anda ketahui. Jenis semen portland di Indonesia sangatlah beragam, seperti portland tipe 1, 2, 3, 4, 5, super masonry, composite cement, oil well cement, dan juga super ppc atau portland pozzolan. Jika anda akan menggunakan salah satu semen di atas, ada baiknya anda mengetahui karakteristik dan fungsinya, ini agar anda tidak salah pilih dan akhirnya percuma untuk digunakan. Seperti pada tipe semen portland 1, semen ini dapat anda gunakan sebagai konstruksi yang umum yang tidak menggunakan syarat khusus seperti kekuatan tekan dan juga panas hidrasi. Semen ini juga sangat cocok untuk digunapan pada air dan tanah yang didalamnya terkandung sulfat hingga 0,10% saja. Contoh yang menggunakan semen ini adalah gedung bertingkat, pemukiman, dan sebagainya, sekilas info mengenai plesteran dinding menggunakan mesin otomatis, saat ini anda dapat menggunakan mesin plester untuk lebih lengkapnya kunjungi jual mesin plester tembok website www.mesinplester.com

Pada tipe portland yang ke 2, tahan terhadap air dan tanah dengan kadar sufal hingga 0,20% seperti bangunan yang ada di pinggir laut, untuk jembatan dan juga dam, serta sejenisnya. Pada semen portland yang tipe 3, biasanya diperlukan untuk konstruksi yang memiliki daya tekan tinggi hingga fase permulaan setelah adanya pengikatan. Sebagai contohnya dari tipe 3 digunakan pada bangunan yang tinggi tinggi, jalan beton, bangunan dalam air, dan sebagainya. Jenis semen portland di Indonesia lainnya adalah tipe 4 dimana dapat digunakan pada kontruksi yang mmerlukan kenaikan panas sehingga harus diminimalisir. Contoh penggunaannya adalah pada struktrur beton yang masif, dam dengan gravitasi yang besar, dan sebagainya. Berlanjut pada tipe portland ke 5, yaitu konstruksi bangunan yang ada pada air atau tanah yang di dalamnya terkandung sulfat lebih dari 0,20%, yang mana sangat cocok sebagai instalasi limbah pabrik, jembatan yang terdapat terowongan, pembangkit listrik tenaga nuklir, pelabuhan, dan sebagainya.

Berbeda lagi dengan super masonry, dimana semen ini dapat anda gunakan pada irigasi, jalan, dan juga biasanya digunakan pada bahan campuran hollow brick, genteng beton, tegel, paving block, dan sebagainya. Jenis semen portland di Indonesia ini masih banyak lagi jenisnya beserta fungsi yang terdapat pada semen tersebut. Berlanjut pada jenis berikutnya adalah semen oil well, semen ini merupakan semen yang khusus dapat digunakan pada pembuatan proyek gas alam dan sumur minyak bumi dengan dimana konstruksi untuk sumur minyak ini di bawah dari permukaan laut serta bumi. OWC ini telah diproduksi dengan jenis class G, semen HSR ( High Sulfat Resistance) ini disebut juga basic OWC.

Jenis semen portland di Indonesia lainnya yang perlu anda ketahui adalah PPC atau portland composite. Semen jenis ini adalah yang digunakan pada konstruksi yang lebih luas seperti pada konstruksi semua beton dan umum. Pada kehiupan sehari hari sering digunakan pada proses plesteran, pemasangan bata, pengacian, batako, ubin dan sebagainya agar lebih mudah dikerjakan, tidak mudah retak, lebih halus, dan sebagainya. Yang terakhir yaitu pada jenis semen Super PPC. Hampir sama dengan PPC, semen ini dapat digunakan secara luas yaitu pada bendungan, irigasi, dam, plesteran, dan sebagainya yang memerlukan kekedapan yang jauh lebih tinggi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.