Menyiapkan Analisa Harga Satuan Bekisting Beton Bertulang pada Sebuah Proyek

Pekerjaan bekisting pada sebuah pembangunan proyek atau sebagainya, memang bisa menjadi hal yang penting dalam pembangunan proyek tersebut. Anda harus memperhatikan bahwa kesalahan dalam pengadaan, perencanaan, atau juga dalam pengelolaan, bisa jadi menyebabkan adanya keterlambatan atau mungkin juga sebagai kegagalan dalam sebuah proyek. Bila anda sedang menangani sebuah proyek pembangunan, ada baiknya anda kerjakan dengan terencana dan menguasai konsep yang akan anda kerjakan. Jika tergolong dalam proyek skala besar, yang sebagai contoh adalah gedung bertingkat atau bisa jadi jembatan yang besar. Setiap cara atau langkah perlu anda rencanakan dan kerjakan dengan baik supaya dapat anda hasilkan formwork yang termurah, terbaik, dan juga berkualitas dengan beton yang paling bagus. Analisa harga satuan bekisting beton bertulang dapat anda buat sebelum anda melakukan pembangunan proyek anda. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal seperti upah dan bahan yang akan anda gunakan, dan perlu di ingat bahwa setiap hitungan ini mungkin saja berbeda satu lokasi dengan lokasi lainnya.
Dalam melakukan analisa harga satuan bekisting beton bertulang anda sebaiknya memperhatikan beberapa aspek. Ini menjadi penting karena jika sampai salah perhitungan, maka anda akan merugi atau mungkin saja pembangunan proyek anda akan terhambat serta memakan waktu yang lebih lama dari perhitungan awalnya. Dari harga satuan bekisting tersebut memang bermacam macam, ada orang yang memisahkan antara sloof, bekisting pondasi, kolom, balok, dan juga pelat dari lantai beton. Dari hal tersebut tadi, sebenarnya hampir sama saja, yang membedakannya adalah semua pengerjaan dapat diselesaikan dan di hitung secara umum. Memang benar dalam mengerjakan sebuah proyek, sebaiknya anda memperhitungkan berbagai macam analisa yang menyangkut dari bahan dan kekuatan bangunan nantinya, ini menjadi penting karena anda juga harus memperhitungkan keselataman bangunan dan orang yang ada didalamnya saat bangunan tersebut selesai anda kerjakan.
Berikut ini beberapa susunan dalam perencanaan dan analisa harga satuan bekisting beton bertulang :
• Anda dapat mempelajari terlebih dahulu struktur dari bangunan yang anda akan buat
• Anda harus mengecek desain dan struktur bangunan, apakah sudah pas atau masih perlu di ubah
• Tentukan metode yang akan anda gunakan dalam mengerjakan
• Anda harus membuat shop drawing dari bekisting
• Anda juga harus menghitung jumlah serta jenis dari material bekisting yang nantinya akan anda gunakan
• Menghitung keseluruhan jumlah biaya dalam pengerjaan bekisting
• Proses evaluasi juga penting, anda harus memperhatikan kembali biaya, metode kerja, serta kualitasnya, jika sudah baik tidak masalah, namun jika belum anda harus mempertimbangkan untuk menginovasinya
Untuk didapatkan analisa harga satuan bekisting beton bertulang tentunya anda harus menghitung keseluruhan secara detail. Mulai dari material yang digunakan seperti balok kayu, kaso kayu, multipleks, paku, serta alat bantu lainnya. Ini juga harus anda sinkronkan dengan upah dari para pekerja, kepala tukang, tukang kayu, serta mandor yang ada dalam proyek anda tersebut. Jika semua sudah anda hitung, maka anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya yaitu pembuatan bekisting itu sendiri. Anda juga bisa mengansumsikan bahwa bekisting tadi dapat anda gunakan hingga 2 kali pemakaian. Yang perlu di ingat sekali lagi bahwa perhitungan anda dengan orang lain mungkin saja berbeda, ini bisa karena faktor lokasi, harga bahan yang berbeda, serta upah di suatu tempat yang beragam.